Lestari, Winda (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 11 KOTA JAMBI PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
1 COVER LUAR WINDA LESTARI (A1C216006).pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text
5 DAFTAR ISI WINDA LESTARI (A1C216006).pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB 1 WINDA LESTARI.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB V WINDA LESTARI (A1C216006).pdf Download (406kB) |
Abstract
Lestari, Winda. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 11 Kota Jambi pada Materi Aritmetika Sosial: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Dewi Iriani, M.Pd, (II) Ade Kumala Sari, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray, Komunikasi Matematis, Aritmetika Sosial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPN 11 Kota Jambi berdasarkan kegiatan PLP dan wawancara pada salah satu guru matematika, dimana masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan permasalahan matematika baik secara lisan maupun tulisan. Model pembelajaran yang diterapkan pada saat proses KBM hanya menerapkan model pembelajaran langsung yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII A dan kelas VII D SMPN 11 Kota Jambi. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling yang memilih dua kelas sampel sebagai kelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis berupa soal post-test dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa untuk melihat keterlaksanaan proses pembelajaran. Uji hipotesis menggunakan uji-t (pihak kanan), uji korelasi, dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian hipotesis uji t (pihak kanan) didapatkan nilai thitung<0,05 atau (0,00<0,05) maka H0 diterima. Kemudian uji korelasi diperoleh nilai R sebesar 0,426 berarti terdapat hubungan yang cukup kuat. Sedangkan nilai signifikan pada variabel model pembelajaran Two Stay Two Stray dan variabel kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh sebesar 0,012, dengan demikian 0,012<0,05 maka H0 diterima. Selanjutnya uji regresi didapatkan bahwa nilai thitung = 2.667 dan ttabel = 2,034. Jadi, dapat disimpulkan bahwa nilai thitung ≥ ttabel (2.667≥2,034), maka dan H0 diterima. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini terlihat berdasarkan perhitungan dan analisis data yang diperoleh bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 80,65 dan kelas kontrol sebesar 72,53. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray memberikan pengaruh terhadap meningkatnya kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 11 Kota Jambi pada materi aritmetika sosial.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Winda Lestari |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 03:31 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 03:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13582 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |