Pengembangan Media Pembelajaran e-Chemical Bonding Untuk Siswa SMA

Fitri, Nurul Rahmiah and Asrial, Asrial and Harizon, Harizon (2020) Pengembangan Media Pembelajaran e-Chemical Bonding Untuk Siswa SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER RP.pdf

Download (197kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya capaian kompetensi ketuntasan siswa SMA Negeri 11 Kota Jambi pada materi ikatan kimia, yaitu sebesar 37,5% untuk KKM 65 Hasil ini tidak lepas dari kurangnya pemahaman konsep siswa saat belajar serta kurangnya motivasi siswa dalam mengulang pelajaran yang telah dipelajari. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada materi tersebut menggunakan media papan tulis, power point (PPT), dan video. Berdasarkan analisis kebutuhan dapat diketahui bahwa siswa menginginkan media yang dapat memvisualisasi bentuk dan proses pembentukan ikatan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah dalam mengembangkan media flash pada materi ikatan kimia dengan nama e-Chemical bonding yang layak digunakan sebagai bahan ajar serta menguji kelayakan media melalui angket respon peserta didik selama mengoperasikan media e-Chemical Bonding. Media e-Chemical Bonding dikembangkan dengan mengadopsi model pengembangan Lee & Owens dengan instrumen berupa angket, kuisioner dan wawancara. Untuk memperoleh media yang valid, media divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru sebagai penilai praktisi dengan rata-rata dari masing-masing penilai memperoleh skor sebesar 3,42 (sangat baik), 3,37 (sangat baik), dan 3,66 (sangat baik) sehingga media e-Chemical Bonding layak untuk melakukan uji coba dengan uji kelompok kecil. Hasil pengembangan penelitian ini diperoleh produk akhir berupa media e-Chemical Bonding berbasis flash dengan file extension .swf. yang memperoleh kelayakan sebesar 88,28% dari 10 orang peserta didik dan memenuhi kriteria “sangat baik” karena berada pada rentang 76% - 100%. Dari tanggapan positif dari peserta didik diperoleh kesimpulan bahwa media e-Chemical Bonding dapat diasosiasikan sebagai penarik perhatian dan membuat peserta didik tetap terjaga dan memperhatikan pelajaran, sehingga dengan adanya media ini diharapkan dapat menambah referensi media pembelajaran untuk materi ikatan kimia sehingga tersedia opsi media yang lebih beragam dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: NURUL RAHMIAH FITRI
Date Deposited: 09 Sep 2020 02:37
Last Modified: 09 Sep 2020 02:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13589

Actions (login required)

View Item View Item