Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII di SMP N 17 Kota Jambi

TESALONIKA, YOLANDA (2020) Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII di SMP N 17 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Tesalonika, Yolanda. 2020. Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII di SMP N 17 Kota Jambi. Skripsi. Pembimbing I Drs. Asradi, M.M, Pembimbing II Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi,. M.Pd Kepercayaan diri adalah modal dasar seorang manusia dalam memenuhi berbagai kebutuhan. Banyak hal yang telah dilakukan agar rasa percaya diri siswa di SMP Negeri 17 Kota Jambi meningkat, salah satunya melalui pendekatan dan konseling, memberikan layanan seperti layanan informasi dan layanan konseling individu yang biasa diberikan oleh guru Bimbingan dan Konseling. Tujuan utama dari layanan informasi adalah diperolehnya pemahaman baru dari peserta didik akan berbagai hal, seperti akademik, pribadi, sosial, dan karir. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu (quasi-experimental design). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII D yang berjumlah 74 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data distribusi normal sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan Uji T-tes untuk uji Beda. Berdasarkan hasil Uji T-test dengan Thitung yaitu sebesar 9,815. Adapun nilai dari Ttabel dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,05 yaitu sebesar 2,000. Dapat dilihat bahwa Thitung > Ttabel sehingga hipotesis dinyatakan ada perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dalam kepecayaan diri siswa. Berdasarkan hasil tersebut pemberian perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen terdapat peningkatan yang dilihat dari hasil Thitung > Ttabel yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan informasi berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Kata Kunci : Layanan Informasi; Kepercayaan Diri

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I Drs. Asradi, M.M, Pembimbing II Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi,. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi; Kepercayaan Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YOLANDA TESALONIKA
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:15
Last Modified: 09 Sep 2020 03:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13596

Actions (login required)

View Item View Item