UPAYA MENINGKATKAN SELF EFFICACY MELALUI EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQE DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SMP NEGERI 4 KOTA JAMBI

SUSANTI, SUSI (2020) UPAYA MENINGKATKAN SELF EFFICACY MELALUI EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQE DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SMP NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)

Abstract

Abstrak Judul : Upaya Meningkatkan Self efficacy Siswa melalui Emotional Freedom Technique dengan Layanan Bimbingan Kelompok pada siswa SMP N 4 Kota Jambi. Penulis : Susi Susanti NIM : A1E115056 Pembimbing : 1. Drs. Akmal Sutja, M.Pd 2. Marlita Andhika Rahman.S.Psi, M. Psi Self efficacy merupakan sikap seseorang terhadap kemampuan pada dirinya sendiri dengan menerima secara positif maupun negative dengan tujuan untuk mencapai hasil Self efficacy dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Self efficacy siswa di sekolah maupun dalam belajar setelah dilaksanakan technique Emotional freedom dengan layanan bimbingan kelompok di SMP N 4 Kota Jambi. Batasan masalah untuk Self efficacy yaitu : siswa yang memiliki Self efficacy rendah. Gugup bila maju di depan kelas, kurang yakin atas kemampuan diri sendiri, takut melakukan sesuatu karna pernah gagal. Adapun tahap technique emotional freedom pada penelitian ini meliputi : 1). Langkah SET-UP. 2). Langkah tapping dan avirmasi. 3) langkah evaluasi yang akan bertindak untuk meningkatkan Self efficacy. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B yang di dalamnya terdiri 5 siswa yang memilki Self efficacy rendah. Penelitian ini dilaksanakan dalam III siklus, yang terdiri dari empat kompentensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, evalusi, refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan salah satu guru Bimbingan dan Konseling. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, obseravsi,wawancara dan angket. Diantar tiga siklus yang peneliti lakukan proses pada siklus II merupakan proses yang baik dilaksanakan Emotional Fredom Technique untuk meningkatkan Self efficacy rendah 60,64%. Setelah di berikan teknik EFT pada siklus II tingkat Self efficacy meningkat menjadi 55,32%. Siklus I meningkat menjadi 52,16% dan siklus III meningkat menjadi 45,32%. Kesimpulannya terapi EFT dapat meningkatkan Self efficacy siswa dengan mengetok titik meridiam pada bagian tubuh untuk menghilangkan gejala-gejala dari akar permasalahan. Kata Kunci :Self Efficacy, Emotional Freedom Technique, Bimbingan kelompok.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing : 1. Drs. Akmal Sutja, M.Pd 2. Marlita Andhika Rahman.S.Psi, M. Psi
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Emotional Freedom Technique, Bimbingan kelompok.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SUSI SUSANTI
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:14
Last Modified: 09 Sep 2020 03:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13597

Actions (login required)

View Item View Item