PENGARUH BERMAIN LARI ESTAFET TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KELOMPOK B TK NEGERI RANTAU PANDAN

HASTUTI, LADIA (2020) PENGARUH BERMAIN LARI ESTAFET TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KELOMPOK B TK NEGERI RANTAU PANDAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (116kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)

Abstract

ABSTRAK Ladia Hastuti. 2020. “Pengaruh Bermain Lari Estafet Terhadap Kemampuan Sikap Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Rantau Pandan Kabupaten Bungo”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. Sukendro. M.Kes. AIFO, Pembimbing 2 Dra. Destrinelli. M.Pd Kata Kunci: Bermain Lari Estafet, Kemampuan Sikap Kerjasama Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada TK Negeri Rantau Pandan Kabupaten Bungo, dalam observasi tersebut peneliti melihat masih banyak anak yang belum mampu berinteraksi baik dengan temannya, anak kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki khususnya kemampuan sosial-emosional anak dalam bekerjasama, serta kegiatan bermain anak seperti dibatasi dan tidak diberi kebebasan. Pada saat bermain bersama, anak kurang berinteraksi dengan semua teman dalam kelompok bermainnya, hanya berinteraksi dengan teman-teman yang disukainya saja sehingga berdampak pada kurangnya koordinasi yang baik dalam kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain lari estafet terhadap kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Rantau Pandan Kabupaten Bungo. Apakah terdapat pengaruh bermain lari estafet terhadap kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Rantau Pandan Kabupaten Bungo?. Hipotesis penelitian ini yaitu: terdapat pengaruh bermain lari estafet terhadap kemampuan sikap kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Rantau Pandan Kabupaten Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan rancangan digunakan One-Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini usia 5-6 tahun jumlah 15 anak. Teknik pengambilan sampel adalah teknik total sampeling. Artinya semua populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data/ instrument penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data bahwa Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu untuk data tes awal di dapat L hitung 0.1346 yang < L tabel 0.2287 sedangkan untuk data tes akhir didapat L hitung sebesar 0,2277 yang< L tabel 0,2287. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok data berdistribusi normal. uji homogenitas variansi adalah uji F. Dengan n1 = 15, n2 = 15, S12 data tes awal = 0, 89 dan S22 data tes akhir = 0,78. S12 Selanjutnya dengan dk pembilang (V1) = 15 dan dk penyebut (V2) = 15 diperoleh Fhitung secara keseluruhan sebesar 1,13 dengan Ftabel = 3,68. angka batas penolakan hipotesis nol dalam ttabel adalah 1.7613, sedangkan nilai t yang diperoleh adalah sebesar 9,934665, ternyata t > t , berada pada interprestasi sedang (Strong effect). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bermain lari estafet terhadap kerja sama anak usia 5-6 tahun di Kelompok B TK Negeri Rantau, pada interprestasi sedang (Strong effect) dengan nilai 2.52. dengan di buktikan bahwa t > t yaitu 9,934665 > 1.7613.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I Dr. Drs. Sukendro. M.Kes. AIFO, Pembimbing II Dra. Destrinelli. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bermain Lari Estafet, Kemampuan Sikap Kerjasama
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ladia Hastuti
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:06
Last Modified: 09 Sep 2020 04:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13600

Actions (login required)

View Item View Item