PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII C SMPN 7 KOTA JAMBI

LOGOWO, PANJI (2020) PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII C SMPN 7 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (115kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Logowo, Panji, 2020 Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Menulis Puisi Kelas 8 C SMP Negeri 7 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof H. Yundi Fitrah, M. Hum., Ph. D. (II) Drs. Aripudin, M. Hum. Kata Kunci: Audiovisual, menulis puisi Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis puisi kelas VIII C SMP Negeri 7 Kota Jambi. Keterampilan menulis puisi siswa dilakukan dengan kelas eksperimen dengan melakukan pre test dan posttest peneliti ingin mengetahui sejauhmana pengaruh media audiovisual salam menulis puisi anak. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental design dalam bentuk one group pretest post test, penelitian ini menggunakan rancangan pretest-postest tanpa adanya kelas kontrol. Melakukan pre test dan post test dalam satu kelas tapi sebelum itu guru memberikan pengetahuan awal mengenai puisi agar siswa tidak kaku dan kebingungan. Hasil penelitian ini berupa nilai siswa yang dipengaruhi penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis puisi kelas VIII C SMP Negeri 7 Kota Jambi, analisis data menggunakan program aplikasi SPSS2I. Hasil rekapitulasi nilai posttest keterampilan menulis puisi pada kelas eksperimen yang menggunakan media audiovisual terdapat nilai tertinggi adalah 46 dan nilai terendah adalah 40 . kelas pretest tidak menggunakan media audiovisual terdapat nilai tertinggi 24 adalah dan nilai terendah adalah 15. Hasil uji-t terhadap data pre-test dan post-test hasil keterampilan menulis puisi siswa dengan menggunakan media audiovisual pada materi menulis puisi SMP N 7 Kota Jambi diperoleh nilai sign. 0,730 > 0,05. Berdasarkan uji N-Gain, dapat dianalisis bahwa selisih antara nilai pretest dan posttest menghasilkan nilai N-Gain. Dimana rata-rata nilai pretest sebesar 19,9 dan rata-rata nilai posttest adalah sebesar 41,9 dengan rata-rata perolehan N-Gain sebesar 66,1 dan masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut peneliti menyimpulkan bahwa penggunakan media audiovisual memberikan pengaruh baik yang cukup signifikan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII C SMP Negeri 7 Kota Jambi. Selain itu, guru harus bisa merangsang minat siswa dengan menvariasikan konten video yang ditayangkan sehingga siswa tidak mudah jenuh dan lebih termotivasi selama kegiatan pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: (I) Prof H. Yundi Fitrah, M. Hum., Ph. D. (II) Drs. Aripudin, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Audiovisual, menulis puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Panji Logowo
Date Deposited: 09 Sep 2020 06:36
Last Modified: 09 Sep 2020 06:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13601

Actions (login required)

View Item View Item