PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO EXPLAINER MODEL INFOGRAFIS PADA MATERI LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP N 6 MUARO JAMBI

NURSAL, NITA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO EXPLAINER MODEL INFOGRAFIS PADA MATERI LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP N 6 MUARO JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER NITA NURSAL.pdf

Download (24kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN NITA NURSAL.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)

Abstract

Nursal, N. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Video Explainer Model Infografis Pada Materi Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP N 6 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Asni Johari, M.Si, (2) Ali Sadikin, S.Pd.I, M.Pd Kata Kunci: Video Explainer, Model Infografis, Materi Lingkungan Masih minimnya keterampilan dan pengalaman guru dalam mengembangkan media pembelajaran, menjadi hambatan tersendiri bagi guru dalam menyediakan media yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini. Hal ini dikarenakan tidak semua guru memiliki kemampuan literasi komputer yang baik dalam mengembangkan media seperti video animasi yang memuat kombinasi gambar, teks, dan suara. Terbukti dari hasil temuan awal di SMP N 6 Muaro Jambi bahwa sebagian guru mata pelajaran sains di sekolah tersebut menggunakan media slide power point dalam menyajkan materi. Penggunaan media seperti ini dinilai kurang efektif digunakan untuk siswa saat ini dikarenakan kebiasaan siswa saat ini yang menyukai content-content yang disajikan dalam bentuk video. Hal ini diperkuat dari hasil temuan awal pada siswa kelas VII di SMP N 6 Muaro Jambi yang menghabiskan waktu lebih dari dua jam per-harinya menggunakan smartphone untuk mengakses sosial media, salah satunya adalah youtube. Namun, belum adanya content video yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan karakteristik daerah siswa setempat, maka pengembangan media pembelajaran video explainer model infografis perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan mendapatkan produk akhir berupa video explainer model infografis materi lingkungan. Video ini dikembangkan dengan merujuk pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan pengembangan. Media yang telah dihasilkan kemudian divalidasi oleh ahli desain dan ahli materi untuk mengetahui kesesuaian dari produk yang dikembangkan. Video yang telah direvisi dan dinyatakan layak oleh ahli (validator) kemudian diujicobakan kepada siswa kelas VII dan guru mata pelajaran IPA SMP N 6 Muaro Jambi. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dari para ahli, bahwa aspek desain video berada pada kategori produk yang sangat layak dengan rerata persentase kelayakan desain adalah sebesar 91,25%. Untuk penilaian ahli pada aspek materi berada pada kategori produk yang sangat layak dengan rerata persentase kelayakan materi adalah sebesar 93,75%. Tanggapan guru IPA terhadap penggunaan video berada pada kriteria sangat layak, dengan rerata persentase skor perolehan sebesar 82%. Sementara tanggapan siswa kelas VII SMP terhadap penggunaan video berada pada kriteria sangat layak, dengan rerata persentase skor perolehan sebesar 87%. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini bahwa video explainer model infografis materi lingkungan termasuk dalam kriteria sangat layak, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran IPA pada siswa kelas VII SMP.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NITA NURSAL
Date Deposited: 10 Sep 2020 04:20
Last Modified: 10 Sep 2020 04:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13612

Actions (login required)

View Item View Item