FRINAWATI, FRINAWATI (2020) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PROSES BELAJAR DI SMP N 21 KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (89kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (119kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (218kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Frinawati. 2020. “Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kepercayaan Diri Siswa Dalam Proses Belajar di SMP N 21 Kab. Tanjung Jabung Timur”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Rasimin, M.Pd, Pembimbing II Rully Andi Yaksa, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Kepercayaan Diri Siswa Dalam Proses Belajar Berdasarkan fenomena yang terjadi di SMP N 21 Kab. Tanjung Jabung Timur bahwa di usia remaja siswa masih banyak percaya diri siswa yang kurang baik padahal siswa tingkat sekolah SMP adalah masa dimana seorang remaja ingin prestasinya kelihatan menonjol di sekolah. Untuk menonjolkan prestasi tersebut dengan baik, kepercayaan diri adalah salah satu kunci kesuksesannya. Kepercayaan diri siswa dalam sekolah terlihat pada siswa yang ingin melontarkan pendapatnya di depan kelas tetapi siswa hanya bisa terdiam. Siswa takut bila satu kelas akan mengolok-oloknya jika pendapat yang dilontarkan jauh dari sempurna. Kadang kala gejala tak percaya diri muncul tiba-tiba, tanpa disadari oleh seseorang ketika melakukan sesuatu sehingga siswa tersebut tidak bisa mengeluarkan kemampuannya secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan identifikasi faktor-faktor penyebab rendahnya kepercayaan diri siswa dalam proses belajar di SMP N 21 Kab. Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, penelitiian deskriptif merupakan penelitian yang berupaya mendeskripsikan, mencatat, menganalisis dan menginterpretasikan suatu kondisi yang saat ini terjadi. Besarnya sampel adalah 98 sampel dimana penentuan sampel dilakukan dengan cara non probabilitas yaitu cara penarikan sampel yang diambil dapat memenuhi. Identifikasi faktor-faktor internal penyebab rendahnya kepercayaan diri siswa dalam proses belajar di SMP N 21 Kab. Tanjung Jabung Timur berada pada kualitas baik rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 76%. Identifikasi faktor-faktor eksternal penyebab rendahnya kepercayaan diri siswa dalam proses belajar di SMP N 21 Kab. Tanjung Jabung Timur berada pada kualitas baik rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 76%. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat faktor –faktor penyebab rendahnya kepercayaan diri siswa dalam proses belajar di SMP Negeri 21 Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa dalam proses belajar di SMP Negeri 21 Kabupaten Tanjung Jabung Timur terdiri dari dari faktor : konsep diri yang diperoleh dari pergaulan, reaksi terhadap seseorang, penilaian yang dilakukan terhadap diri sendiri, pandangan positif terhadap oranglain dan keadaan lingkungan keluarga dan anggota keluarga yang saling berinteraksi dengan baik .
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I Drs. Rasimin, M.Pd, Pembimbing II Rully Andi Yaksa, S.Pd., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan Diri Siswa Dalam Proses Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FRINAWATI |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 07:40 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 07:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13677 |
Actions (login required)
View Item |