PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA MELALUI PEMANFAATAN SUDUT BACA DI SDN 131/IV KOTA JAMBI

Hermina Unai, Dina and Chan, Faizal and Budiono, Hendra (2020) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA MELALUI PEMANFAATAN SUDUT BACA DI SDN 131/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)

Abstract

Unai, Dina Hermina. (2020) Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Melalui Pemanfaatan Sudut Baca di Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan M.Pd,.M.Si, (II) Hendra Budiono S.Pd,. M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Minat Baca, Sudut Baca Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menumbuhkan minat baca siswa melalui pemanfaatan sudut baca di SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi, dengan pendekatan penelitian berupa deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman dengan menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penerikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru telah berupaya untuk menumbuhkan minat baca siswa melalui sudut baca di SD Negeri 131/IV Kota jambi, sehingga siswa lebih dapat meluangkan waktu untuk memanfaatkan sudut baca yang sudah ada di setiap kelas. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa peran guru dalam menumbuhkan minat baca siswa melalui pemanfaatan sudut baca adalah dengan, membudidayakan literasi bersama setiap hari kamis selama 30 menit sebelum masuk ruang kelas dan 15 menit setiap harinya sebelum memulai proses pembelajaran, selain itu siswa dapat membuat madding 1 minggu sekali, di dalam melakukan literasi bersama guru lebih menfokuskan untuk melatih kemampuan siswa dalam membaca, media yang digunakan yaitu buku cerita bergambar, dan media lainnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Dina Hermina Unai
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:23
Last Modified: 15 Sep 2020 03:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13685

Actions (login required)

View Item View Item