Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Zoom dan Whatsapp Serta Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Hidrolisis Garam

Siahaan, Novi Lyanti and Yusnaidar, Yusnaidar and Syahri, Wilda (2020) Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Zoom dan Whatsapp Serta Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Hidrolisis Garam. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

Karakteristik pembelajaran dalam kurikulum 2013 harus memberikan pengalaman belajar terencana dan peserta didik menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat. Prioritas utama dari sistem pendidikan adalah mendidik siswa tentang bagaimana cara belajar dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan bantuan aplikasi Zoom dan WhatsApp pada materi hidrolisis garam dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAS Nommensen Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren (pengumpulan data kuntitatif dan kualitatif dalam satu waktu). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan totalitas sampling yaitu kelas XI IPA. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) oleh guru maupun siswa dan tes esai kemampuan berpikir kritis. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran CTL dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment dan analisis koefien determinasi. Keterlaksanaan model pembelajaran CTL oleh siswa sebesar 69,96% dengan kategori baik dan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 76,67% dengan kategori baik. Korelasi keterlaksanaan model pembelajaran CTL berpikir kritis diperoleh rxy = 0,692 dengan kriteria interpretasi kuat. Hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 47,88% dengan kriteria interpretasi sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran CTL terlaksana dengan baik dan berkorelasi dengan kemampuan berpikir kritis pada materi hidrolisis garam di kelas XI IPA SMAS Nommensen Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: NOVI LYANTI SIAHAAN
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:22
Last Modified: 17 Sep 2020 02:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13710

Actions (login required)

View Item View Item