KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

Rosalina, Viona and Muspawi, Mohamad and Setiyadi, Bradley (2020) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (678kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 11 Kota Jambi dan Faktor pendukung dan penghambat Kepemimpinan Kepala sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 11 Kota Jambi cukup baik dalam melakukan pembinaan kinerja guru, pengawasan kinerja guru, pemberian motivasi serta evaluasi terhadap kinerja guru. Namun belum sepenuhnya terlaksana secara maksimal, sebab kepala sekolah hanya mengikutsertakan guru-guru dari program pemerintah dan baru beberapa guru yang diikutkan dan pemberian motivasi oleh kepala sekolah kepada guru berupa reward/penghargaan belum sepenuhnya dilakukan dengan optimal. Sedangkan kinerja guru juga cukup baik dalam menyusun rencana pembelajaran, mengelola kegiatan pembelajaran, dan melakukan evaluasi pembelajaran, namun juga belum sepenuhnya terlaksana dengan maksimal. (2) Faktor pendukungnya ialah adanya dukungan serta motivasi yang kuat dari kepala sekolah. Faktor penghambatnya ialah sarana yang belum memadai seperti kurangnya proyektor LCD dan jaringan internet, kurangnya kemampuan guru dalam mengelola kelas dan menggunakan berbagai metode pembelajaran serta disiplin guru yang belum sepenuhnya sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan agar kepala sekolah melakukan perbaikan dan penegasan kepada guru agar proses kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru selanjutnya dapat dilaksanakan dengan maksimal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Viona Rosalina
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:25
Last Modified: 17 Sep 2020 02:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13727

Actions (login required)

View Item View Item