SAMOSIR, ENNIKE MARTINA (2020) PERSPEKTIF GURU DAN ORANG TUA MENGENAI PENERAPAN KEBIJAKAN SISTEM ZONASI: STUDI KASUS SALAH SATU SMA NEGERI DI KABUPATEN MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER (1).pdf Download (237kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (189kB) |
|
Text
DAFTAR ISI (1).pdf Download (245kB) |
|
Text
BAB 1(1) (1).pdf Download (312kB) |
|
Text
BAB V (1).pdf Download (222kB) |
Abstract
Samosir, Ennike Martina, 2020. Perspektif Guru dan Orang Tua Mengenai Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi: Studi Kasus Salah Satu SMA Negeri di Kabupaten Muaro Jambi: Skripsi,Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Prof. Amirul Mukminin, S.Pd. M.Sc.,Ed., Ph.D, Pembimbing (II) Dr. Siti Rahmasari, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Perspektif Guru dan Orang Tua, Kebijakan Sistem Zonasi Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perspektif guru dan orang tua mengenai penerapan kebijakan sistem zonasi: studi kasus salah satu SMA Negeri di Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan tehnik observasi dan wawancara. Partisipan atau narasumber dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 partisipan di antaranya kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, 3 guru di sekolah dan 4 orang tua peserta didik. Penentuan sumber data pada orang yang diwawancarai dilakukan secara purposive yaitu dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perspektif Guru Mengenai Sistem Zonasi, dapat penulis ketahui bahwa: yang pertama, adanya perspektif positif dan perspektif negatif, diantara yaitu perspektif positif adalah menumbuhkan rasa sosial di sekolah, mewujudkan pemerataan pendidikan dan perekrutan calon peserta didik baru disekitar lingkungan sekolah. Dan perspektif negatifnya adalah hanya sebatas menerapkan kebijakan dari pusat. (2) Perspektif orang tua peserta didik Mengenai Sistem Zonasi, dapat penulis ketahui bahwa terdapat 2 perspektif yaitu perspektif positif dan perspektif negatif, yaitu perspektif positif adalah meratakan pendidikan, memberikan peluang kepada peserta didik disekitar sekolah atau memperioritaskan peserta didik di zona sekolah, menghemat baiaya dan mengurangi beban. Perspektif negatifnya adalah membuat anak malas belajar dan daya saing belajar menurun, sulit dalam pengurusan berkas, dan kurang paham atau kurang mengerti dengan adanya kebijakan sistem pendidikan itu sendiri. Berdasarkan penelitian ini disarankan untuk agar bagi pihak pemerintah untuk tetap selalu terlibat dalam pelaksanaan kebijakan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru dengan cara membuat pelatihan-pelatihan mengenai tujuan dan manfaat kebijakan sistem zonasi dengan tidak secara bertahap, bagi pihak sekolah tetapkan konsisten dan transparan dalam penerimaan peserta didik baru sehingga tidak terdapat kecurangan, bagi orang tua dan masyarakat membuka dan menerima kebijakan sistem zonasi guna untuk kemajuan pendidikan Indonesia, bagi peneliti supaya dapat memperluas tempat penelitian dan memperbanyak partisipan guna untuk menggali lebih banyak informasi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | ENNIKE MARTINA SAMOSIR |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 03:24 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 03:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13730 |
Actions (login required)
View Item |