Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Materi Teks Prosedur Siswa Kelas VII F di SMP Negeri 7 Kota Jambi

Fernando, Relian and Nazurty, Nazurty and Yusra, Hilman (2020) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Materi Teks Prosedur Siswa Kelas VII F di SMP Negeri 7 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER 1 rvs.pdf

Download (195kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (131kB)
[img] Text
daftar isi skripsi RF rvs.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB_I[1].pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB_V[1].pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Fernando, Relian. 2020. Implementasi Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Teks Prosedur Siswa Kelas VII F di SMP Negeri 7 Kota Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Nazurty, M.Pd.,(II) Hilman Yusra, M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Model pembelajaran Student Team Achievement Division, Teks Prosedur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) pada materi teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Jambi. Dalam rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas VII G di SMP Negeri 7 Kota Jambi. Dalam penelitian ini data yang diperlukan adalah implementasi model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada materi teks prosedur. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh langkah-langkah model pembelajaran Student Team Achievement Division dapat terlaksana dengan baik pada pembelajaran Teks Prosedur. Model pembelajaran Student Team Achievement Division STAD dapat dilaksanakan dan cocok pada materi menulis teks prosedur karena dengan cara diskusi kelompok secara heterogen siswa dapat saling membantu, bekerja-sama dan bertanggung jawab menyelesaikan tugas yang diberikan guru sehingga dari proses tersebut siswa mampu saat diberi tugas individu dan berpikir mandiri. Pada implementasi model pembelajaran Student Team Achievement Division masih terdapat kendala dan kesulitan dalam pelaksanaan. Kendala berupa siswa yang pada awalnya tidak maudikelompok secara heterogen. Kesulitan yang dialami peneliti berupa mengelompokan siswa secara heterogen. Model pembelajaran Student Team Achievement Division dapat diterapkan dan cocok pada materi teks prosedur karena pengelompokkan secara heterogen dan lebih baik dibandingkan dengan model pengelompokkan yang homogen. Dari hasil penelitian disarankan agar guru seharusnya dapat memperbaiki kendala yang dialami seperti siswa yang sulit dikelompokan secara heterogen. Guru seharusnya bisa menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariasi agar bisa meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: RELIAN FERNANDO
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:45
Last Modified: 16 Sep 2020 03:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13734

Actions (login required)

View Item View Item