Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Materi Kehidupan Bernegara dalam Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia Berkarakter Budaya Jambi di Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Batanghari

Zaelani, Syamsul Arif (2020) Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Materi Kehidupan Bernegara dalam Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia Berkarakter Budaya Jambi di Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Batanghari. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (9kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (160kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (271kB)

Abstract

ABSTRAK Zaelani, Syamsul Arif. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi Kehidupan Bernegara dalam Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia Berkarakter Budaya Jambi di Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Batanghari: Skripsi, Program Studi PPKn, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Irwan, M.Pd., (II) Heri Usmanto, M.Pd., Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, PPKn, Budaya Jambi. Untuk melaksanakan pembelajaran PPKn kepada siswa diperlukan bahan ajar yang inovativ dengan pendekatan, strategi dan metode pembelajaran yang tepat agar mampu mengantarkan siswa dapat memahami materi pembelajaran yang akan di sampaikan guru. Masalah urgen yang ditemukan peneiti di SMA Negeri 9 Batanghari adalah materi yang di pelajari siswa kurang diintegrasikan dengan unsur-unsur budaya lokal terutama budaya Jambi. Selama ini tugas-tugas hanya diberikan dengan panduan Lembar Kerja Siswa (LKS) buku paket, dan informasi yang ada di internet saja. Jadi, pembelajaran muatan lokal kurang efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan pembelajarannya Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar PPKn Berkarakter budaya Jambi dan mengetahui kualitas bahan ajar yang dikembangkan. Bahan ajar yang dikembangkan berupa modul pembelajaran divalidasi oleh tim ahli diantaranya adalah ahli materi, ahli desain, ahli bahasa dan ahli budaya. Penilaian kepraktisan modul dilakukan oleh Guru mata pelajaran PPKn. Modul yang sudah dikategorikan valid dan praktis kemudian diujicobakan pada kelompok kecil (small group) dan tes lapangan (field test) pada subjek penelitian di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Batanghari. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, prosedur pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Tessmer dengan tahap-tahap: (1) Preliminary (persiapan) (2) self evaluation (analisis dan desain) (3) prototyping (expert reviewsone-to-one, dan small group) dan (4) field test (tes lapangan). Validasi materi diperoleh skor 3,8 termasuk dalam kategori 3,40 ≤ N ≤ 4,19 dengan kualitas “Baik”, validasi media diperoleh skor penilaian 4,48 termasuk dalam kategori 4,20 ≤ N ≤ 5,00 dengan kualitas “Sangat Baik”, validasi bahasa diperoleh skor 4 termasuk dalam kategori 3,40 ≤ N ≤ 4,19 dengan kualitas “Baik”, validasi budaya diperoleh skor 4,33 termasuk dalam kategori 4,20 ≤ N ≤ 5,00 dengan kualitas “Sangat Baik”, dan penilaian guru terhadap modul diperoleh skor4,05 termasuk dalam kategori 3,40 ≤ N ≤ 4,19 dengan kualitas “Baik”. Respon siswa terhadap modul PPKn tes kelompok kecil (small group) diperoleh skor 4,42 termasuk dalam kategori 4,20 ≤ N ≤ 5,00 dengan kualitas “Sangat Baik” dan tes lapangan (field test) diperoleh skor 4,34 termasuk dalam kategori 4,20 ≤ N ≤ 5,00 dengan kualitas “Sangat Baik”

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: SYAMSUL ARIF ZAELANI
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:27
Last Modified: 17 Sep 2020 02:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13776

Actions (login required)

View Item View Item