Murwani, Zelvy Amelia and Syahri, Wilda and Yusnaidar, Yusnaidar (2020) Studi Perbandingan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hidrolisis Garam Berbantuan Zoom dan Google Classroom. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (26kB) |
|
Text
PENGESAHAN DEKAN.pdf Download (115kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (211kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (211kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (280kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (291kB) |
Abstract
ABSTRAK Murwani, Zelvy Amelia. 2020. Studi Perbandingan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hidrolisis Garam Berbantuan Zoom dan Google Classroom. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Dra. Wilda Syahri, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Yusnaidar, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Bebas, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam. Dalam menyikapi pembelajaran daring, siswa harus mampu mengkonstruk pengetahuanya sendiri dikarenakan dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, siswa dapat melakukan pengalaman belajar yang bermakna yang dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Model pembelajaran yang sesuai digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran inkuiri bebas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah model pembelajaran inkuiri bebas lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada materi hidrolisis garam dengan bantuan aplikasi Zoom dan google classroom. Penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian Non-equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pelaksanaan model oleh guru dan siswa dan tes esai untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji t pihak kanan, namun sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Setelah uji t pihak kanan maka didapatkan hasil thitung < ttabel (1,03 < 1,67) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Kesimpulan yang didapatkan yaitu model pembelajaran inkuiri bebas tidak lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada materi hidrolisis garam berbantuan aplikasi Zoom dan Google Classroom.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ZELVY AMELIA MURWANI |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 06:45 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 06:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13825 |
Actions (login required)
View Item |