Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Aritmetika Sosial Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Susilo, Joko (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Aritmetika Sosial Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover-dikonversi.pdf

Download (33kB)
[img] Text
joko pengesahan.pdf

Download (550kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi (2).pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (125kB)

Abstract

Kata kunci : learning cycle 5E, berpikir kritis, pendekatan saintifik dan aritmetika sosial Berdasarkan kurikulum 2013, penguatan pola pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa diharapkan mampu mengontruksikan pemikiran nya sendiri dengan kemampuan berpikir tingkat tiggi (metakognisi) salah satunya kemampuan berpikir kritis, salah satu model pembelajran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran adalah LEARNING CYCLE 5E Kemampuan berpkir kritis siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 kota Lubuklinggau masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pengaru Model pembelajaran Learning Cycle 5E Pada materi Aritmetika Sosial terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif tipe eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 kota Lubuklinggau dan sampel penelitian adalah kelas VII 1 dan VII 2 yang diperoleh menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes, dan lembar observasi. Data tes dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis uji kesamaan dua rata-rata dengan uji-t antara kelas eksperimen yang menerapkan Model pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas kontrol yang menerapkan strategi ekspositori diperoleh nilai t_hitung =2,6846136 dan t_tabel= 1,682. Karena t_hitung berada di luar daerah penerimaan H0 maka H0 di tolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan strategi ekspositori terhadap kemampuan Berpikir Kritis siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Lubuklinggau.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: JOKO SUSILO
Date Deposited: 21 Sep 2020 06:38
Last Modified: 21 Sep 2020 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13837

Actions (login required)

View Item View Item