Pengembangan Media Pembelajaran Biologi berupa Magic Disc Mata Kuliah Taksonomi Hewan pada Materi Vertebrata untuk Mahasiswa Biologi

Satria, Andreo Pengembangan Media Pembelajaran Biologi berupa Magic Disc Mata Kuliah Taksonomi Hewan pada Materi Vertebrata untuk Mahasiswa Biologi. Biospesies. ISSN 1979-0902

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH ANDREO SATRIA.docx.pdf

Download (924kB) | Preview

Abstract

Standar kompetensi pembelajaran Taksonomi Hewan yaitu mahasiswa dituntut mampu memahami dan menjelaskan prinsip pengklasifikasian, pendeskripsian, pengidentifikasian, tatanama, tinjauan taksa pada Taksonomi Hewan serta mengetahui karakter khusus dari hewan. Mahasiswa masih banyak tidak mengetahui nama ilmiah dari hewan yang ada di lingkungan sekitar, dan masih ada yang tidak memahami cara pengklasifikasian serta penulisan nama ilmiah masih banyak yang salah. Model pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini adalah model ADDIE. Media yang telah dihasilkan kemudian divalidasi oleh ahli desain media dan ahli materi untuk mengetahui kesesuaian dan kelayakan dari produk yang dikembangkan. Subjek penelitian terdiri dari subjek ujicoba kelompok kecil, kelompok besar dan ujicoba terhadap dosen yang mengampu mata kuliah Taksonomi Hewan. Hasil validasi oleh ahli media sebanyak tiga kali diperoleh persentase akhir 93,7% (sangat baik) dan validasi oleh ahli materi sebanyak tiga kali diperoleh persentase 86,7% (sangat baik). Media magic disc yang telah divalidasi selanjutnya diujicobakan kepada kelompok kecil (12 orang) dan kelompok besar (36 orang). Hasil ujicoba kelompok kecil dan besar diperoleh persentase akhir untuk subjek ujicoba semester IV yaitu 80% dan 92,1% (sangat baik) sedangkan untuk persentase akhir subjek ujicoba semester VI yaitu 89,5% dan 86,3% dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya hasil ujicoba oleh 2 dosen mata kuliah taksonomi hewan diperoleh persentase akhir 88,7% (sangat baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran magic disc materi Vertebrata termasuk kriteria sangat baik, sehingga dapat digunakan mahasiswa dalam kegiatan belajar untuk memahami lebih lanjut mengenai materi Vertebrata.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANDREO SATRIA
Date Deposited: 19 Jul 2017 03:11
Last Modified: 19 Jul 2017 03:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item