PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI

Utami, Tamara Isna and Harahap, Eddy Pahar and Akhyaruddin, Akhyaruddin (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. COVER FIX.pdf

Download (165kB)
[img] Text
imagepdf-2.pdf

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TAMARAA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
5. BAB 1 FIX.pdf

Download (277kB)
[img] Text
9. BAB 5 FIX.pdf

Download (162kB)

Abstract

ABSTRAK Utami, Tamara Isna. 2020. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII D SMP Negeri 14 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan PendidikanBahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Eddy Pahar Harahap, M. Pd dan Pembimbing (2) Drs. Akhyaruddin, M. Hum. Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, teks laporan hasil observasi, model pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh yang terjadi pada penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII D SMP Negeri 14 Kota Jambi. Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII D SMP Negeri 14 Kota Jambi masih berada pada tahap rendah. Oleh karena itu, perlu dicari solusinya agar kemampuan menulis siswa meningkat. Model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut, karena dapat membuat siswa belajar melalui upaya penyelesaian permasalahan dunia nyata, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan One Class Pre-test Post-test Desain. Data penelitian ini diambil dari hasil observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi (sebagai data penunjang). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII D SMP Negeri 14 Kota Jambi setelah menggunakan model pembelajran berbasis masalah. Ketika pre-test nilai rata-rata siswa yaitu 61,29 dan saat post-test 81,29, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Hal ini terlihat dari uji N- Gain rata-rata yaitu sebesar 68,51, yang berarti berada pada katagori sedang.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Tamara Isna Utami
Date Deposited: 18 Sep 2020 07:55
Last Modified: 18 Sep 2020 07:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13841

Actions (login required)

View Item View Item