Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 12 Kota Jambi

RINI, RINI and Harizon, Harizon and Afrida, Afrida (2020) Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 12 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

Proses pembelajaran pada materi larutan penyangga siswa cenderung hanya menerima, maupun mengahafal konsep yang disampaikan oleh guru dan kurang menambah informasi dari fenomena ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu guru menginginkan suatu pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam pemahaman berpikir kritis. selain itu siswa juga terbantu dalam menelaah informasi maupun data dari suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya model pembelajaran yang mendukung aspek-aspek kemampuan berpikir kritis serta model yang dapat digunakan adalah model Learning Cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model Learning Cycle 7E dalam proses pembelajaran pada materi larutan penyangga, mengetahui kemampuan berpikir kritis pada materi larutan penyangga dan mengetahui korelasi antara model pembelajaran Learning Cycle 7E pada materi larutan penyangga dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Mix Methods dengan jenis Triangulasi Konkuren yaitu teknik penelitian dengan mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif secara konkuren (dalam satu waktu) dengan subjek penelitian kelas XI MIPA 2. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran baik dari guru maupun siswa, lembar tes esai kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat korelasi pelaksanaan model pembelajaran dengan dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase keterlakasaan model Learning Cycle 7E oleh siswa sebesar 72,83% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 76,20% dengan kategori baik. Korelasi pelaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy = 0,72 pada kategori kuat dan tingkat pengaruh diperoleh Kd = 52% pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara pelaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 2 SMAN 12 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: RINI SURYANI
Date Deposited: 21 Sep 2020 02:47
Last Modified: 21 Sep 2020 02:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13843

Actions (login required)

View Item View Item