veronika, wika and harahap, eddy pahar and akhyaruddin, akhyaruddin (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMPN 14 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover[1].pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
halamaan_pengesahan_repositori[1].pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_ISII[1].pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB_I[2].pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB_V[1].pdf Download (115kB) |
Abstract
ABSTRAK Veronika, Wika. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMPN 14 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Eddy Pahar Harahap, M. Pd., (II) Drs. Akhyaruddin, M. Hum. Kata Kunci: model pembelajaran kontekstual, teks narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis teks narasi siswa kelas VII SMPN 14 Kota Jambi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMPN 14 Kota Jambi pada Februari 2020. Data penelitian diambil dari hasil observasi, tes, angket, dan dokumentasi (sebagai data penunjang). Keterampilan menulis teks narasi siswa kelas VII SMPN 14 Kota Jambi masih berada di tahap rendah. Oleh karena itu, salah satu solusi untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa adalah dengan cara menerapkan model pembelajaran kontekstual. Model pembelajaran kontekstual adalah model pembelajaran yang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, keterampilan siswa dalam menulis akan mengalami peningkatan, karena siswa dapat lebih leluasa dalam berimajinasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan One Class Pre-test Post-test Design. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas VII SMPN 14 Kota Jambi setelah menggunakan model pembelajaran kontekstual. Nilai rata-rata pre-test siswa yaitu 59,66 dan saat posttest 78,91. Hal ini juga terlihat pada nilai uji N-Gain sebesar 80 (tinggi). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis teks narasi siswa kelas VII SMPN 14 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Wika Veronika |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 08:06 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 08:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13844 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |