pengembangan media pembelajaran berbentuk permainan ular tangga digital pada materi sistem hormon manusia untuk siswa kelas XI SMA

fortuna, cindy dwi (2020) pengembangan media pembelajaran berbentuk permainan ular tangga digital pada materi sistem hormon manusia untuk siswa kelas XI SMA. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (706kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Terdapat lima tahapan pengembangan ADDIE, yaitu : (analysis, design, development, implementation, dan evaluate). Penelitian pengembangan media pembelajaran adalah berbentuk permainan ular tangga digital pada materi sistem hormon manusia yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengembangkan media pembelajaran, Mengetahui kelayakan media pembelajaran, dan Mengetahui prespsi guru dan siswa terhadap media pembelajaran berbentuk permainan ular tangga digital pada materi sistem hormon manusia. Produk yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli media. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Persepsi guru terhadap media pembelajaran yaitu mendapatkan presentase sebesar 93% dengan kategori “Sangat Baik”. Persepsi peserta didik terhadap terhadap media pembelajaran berbentuk permainan ular tangga digital kelompok kecil sebesar 51,4 % dengan kategori “Baik” dan presentase rata-rata kelompok besar sebesar 84,9% dengan kategori “Sangat Baik”, maka media yang dikembangkan dinyatakan dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Muara Bungo. Jumlah responden untuk uji coba coba kelompok kecil 8 orang siswa, dan uji coba kelompok besar sebanyak 28 orang siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli media dan materi, pedoman wawancara guru, dan lembar angket siswa dan guru. Kelebihan media pembelajaran dikembangkan berbentuk game sehingga tidak membosankan dan layak digunakan dan Kekurangan pada produk ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: CINDY DWI FORTUNA
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:23
Last Modified: 21 Sep 2020 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13889

Actions (login required)

View Item View Item