EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENTS HAVE (QSH) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI

Pakpahan, Nicolaus (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENTS HAVE (QSH) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover.pdf

Download (14kB)
[img] Text
lembar pengesahan nico.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)

Abstract

Kata Kunci: Efektivitas, Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have (QSH), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa merupakan salah satu kemampuan yang baik untuk membantu siswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di kelas VIII SMPN 11 Kota Jambi, diketahui bahwa kemampuan literasi matematika siswa masih rendah. Strategi pembelajaran QSH efektif digunakan karena dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan strategi pembelajaran QSH terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMPN 11 Kota Jambi dan mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran QSH di SMPN 11 Kota Jambi Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 11 Kota Jambi yang berjumlah 334 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, kelas VIII E terpilih sebagai kelas subjek. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi Data tes dianalisis menggunakan uji N-Gain dan presentase N-Gain. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata pretest siswa VIII E sebesar 18,38 sedangkan rata-rata posttest siswa VIII E sebesar 75,48. Dari haris pretest dan posttes diperoleh N-Gain 0,7007 dengan presentase N-Gain 70,07%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe question student have (QSH) cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggungakan strategi pembelajaran aktif tipe question student have (QSH) dikatakan tinggi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: NICOLAUS PAKPAHAN
Date Deposited: 21 Sep 2020 06:37
Last Modified: 21 Sep 2020 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13893

Actions (login required)

View Item View Item