ANALISIS KETERLAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF DAN KORELASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DAN STOIKIOMETRI DI KELAS X MIPA SMAN 1 MUARO JAMBI

Anggraeni, Cici and Bakar, Abu and Sanova, Aulia (2020) ANALISIS KETERLAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF DAN KORELASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DAN STOIKIOMETRI DI KELAS X MIPA SMAN 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (5kB)

Abstract

Strategi pembelajaran genertif adalah salah satu pembelajaran yang berbasis konstruktivis, di mana siswa yang aktif secara mental membangun pengetahuanya sendiri dari proses pemecahan masalah dengan menyesuaikan konsep dan ide-ide baru dengan kerangka berpikir yang telah ada dalam pikiran mereka. Sedangkan berpikir kreatif merupakan kemampuan seseorang untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah. Dengan menggunakan pembelajaran berorientasi konstruktivis mampu melatih kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan strategi pembelajaran generatif serta korelasinya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia dan stoikiometri di kelas X MIPA SMAN 1 Muaro Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (metode urutan penemuan). Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas X MIPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan strategi oleh guru dan siswa, kemampuan berpikir kreatif, dan tes essay. Untuk melihat hubungan keterlaksanaan strategi pembelajaran generatif dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan uji korelasi product moment dan kemudian digunakan uji lanjut dengan uji koefisien determinasi. Keterlaksanaan strategi pembelajaran generatif oleh siswa sebesar 66,52% dengan kategori baik dan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 66,97% dengan kategori baik. Korelasi keterlaksanaan strategi pembelajaran generatif dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dikategorikan kuat dengan rata-rata rxy= 0,6759. Hasil uji koefisien determinasi keterlaksanaan strategi pembelajran generatif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa memiliki tingkat hubungan yang cukup. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa keterlaksanaan strategi pembelajaran generatif telah terlaksana dengan baik dan terdapat korelasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia dan stoikiometri di kelas X MIPA 3 SMAN 1 Muaro Jambi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: CICI ANGGRAENI
Date Deposited: 22 Sep 2020 07:23
Last Modified: 22 Sep 2020 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13948

Actions (login required)

View Item View Item