Analisis Kesulitan Siswa Gaya Kognitif Impulsif dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP Negeri 4 Batanghari

Safitri, Indriani (2020) Analisis Kesulitan Siswa Gaya Kognitif Impulsif dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP Negeri 4 Batanghari. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover.pdf

Download (103kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TABEL GAMBAR.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kesulitan siswa gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel.Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII-A di SMP Negeri 4 Batanghari pada November hingga Desember 2018. Dalam penelitian ini untuk memperoleh subjek peneliti memberikan tes MFFT, kemudian dipilih siswa gaya kognitif impulsif dengan skor tinggi dan terpilihlah 4 orang siswa impulsif sebagai subjek. Instrumen dalam penelitian ini dilakukan dengan pemberian soal cerita kepada subjek pada materi sistem persamaan linear dua variabel dan melalui wawancara kepada subjek. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. 75% subjek mengalami kesulitan konsep dikarenakan salah mengungkapkan informasi dan penggunaan teorema atau rumus yang tidak sesuai dengan prasyarat berlakunya rumus tersebut. 75% subjek mengalami kesulitan menggunakan data dikarenakan salah mengungkapkan informasi berupa data dari soaltidak menggunakan data yang seharusnya dipakai, kesalahan memasukkan data ke variabel dan menambahkan data yang tidak diperlukan untuk menjawab soal. 75% subjek mengalami kesulitan interpretasi bahasa dikarenakan salah dalam menyatakan bahasa sehari-hari kedalam bahasa matematika. 100% subjek mengalami kesulitan teknis dikarenakan kesalahan dalam melakukan operasi hitung. 100% subjek mengalami kesulitan penarikan kesimpulan dikarenakan tidak mengecek kembali hasil perhitungan yang diperoleh dan salah memberikan kesimpulan berdasarkan apa yang ditanya dari soal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: INDRIANI SAFITRI
Date Deposited: 22 Sep 2020 07:31
Last Modified: 22 Sep 2020 07:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13949

Actions (login required)

View Item View Item