Aulia, Yolanda (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI REDOKS KELAS X SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (39kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (225kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (219kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (182kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
Abstract
Kurikulum 2013 revisi 2017 menuntut siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X MIPA SMAN 7 Kota Jambi, masih banyak siswa yang kurang mampu menganalisis dan memahami konsep redoks, sehingga kemampuan berpikir kreatifnya tidak berkembang. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah model pembelajaran SiMaYang Tipe II. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran SiMaYang Tipe II dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi redoks di SMAN 7 Kota Jambi. Desain yang digunakan pada peneltian ini adalah mix method. Mix method yang digunakan oleh peneliti adalah jenis Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu X MIPA 3. Instrument penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model SiMaYang Tipe II baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay siswa. Korelasi keterlaksanaan model SiMaYang Tipe II dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dicari dengan korelasi product moment. Keterlaksanaan model pembelajaran SiMaYang Tipe II oleh siswa diperoleh sebesar 77,57% dengan kategori baik dan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh sebesar 76,98% dengan kategori baik. Korelasi keterlaksanaan model pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh rxy = 0,79 dengan tingkat hubungan kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran SiMaYang Tipe II berjalan dengan baik dan keterlaksanaanya mengalami peningkatan dari pertemuan satu sampai ke pertemuan dua dan terdapat korelasi dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi redoks di SMAN 7 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | YOLANDA AULIA |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 02:29 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 02:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13962 |
Actions (login required)
View Item |