strategi pemanfaatan media big book dalam proses pembelajaran di sekolah dasar

khodijah, siti (2020) strategi pemanfaatan media big book dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
cover.pernyataan.abstrak. kata pengantar. daftar isi-dikonversi.pdf

Download (334kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemanfaatan penggunaan media big book dalam proses pembelajaran di sekolah dasar yang dilakukan oleh guru guna mempermudah dalam penyampaian materi sesuai dengan tujuan pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat studi pustaka yaitu penelitian yang mengkaji jurnal, artikel, dan sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan strategi pemanfaatan penggunaan media big book dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil-hasil penelitian sebelumnya pada topik strategi pemanfaatan media big book dalam proses pembelajaran di sekolah dasar yang telah dipublikasikan pada berbagai jurnal online yang terindeks google scholar. Jumlah jurnal-jurnal yang diperoleh yaitu sebanyak 7 jurnal penelitian yang telah diseleksi sesuai dengan topik penelitian. Berdasarkan deskripsi temuan-temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam penggunaan media big book dalam proses pembelajaran di sekolah dasar yaitu, 1) membaca berulang, 2) melakukan tes membaca, 3) mengamati gambar, 4) mengenalkan gambar, 5) mengajukan pertanyaan sesuai gambar, dan 6) mengenalkan konsep pembelajaran berdasarkan gambar. Dengan pemanfaatan penggunaannya dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik, dapat meningkatkan kemampuan menulis peserta didik, dan dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Dengan menggunakan media big book guru dapat menyampaikan pembelajaran dengan berbagai strategi pemanfaatan penggunaannya, dan dalam proses belajar mengajar menjadi efektif dan tujuan pembelajaran menjadi tercapai.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SITI KHODIJAH
Date Deposited: 24 Sep 2020 02:31
Last Modified: 24 Sep 2020 02:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13995

Actions (login required)

View Item View Item