NIKMAH, ULIN (2020) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMAN 13 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (33kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (58kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (107kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK Nikmah, Ulin. 2020. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 13 Muaro Jambi: Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Drs. Hj. Muazza, M.Si, (2) Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai. Oleh sebab itu siswa sebagai individu yang belajar perlu memiliki fasilitas belajar dan motivasi berprestasi agar memperoleh hasil belajar yang baik. Siswa SMAN 13 Muaro Jambi khususnya kelas X Pada mata pelajaran ekonomi memperoleh nilai rata-rata hasil belajar yang berbeda dengan yang lainnya bahkan terdapat nilai rata-rata kelas yang hanya memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Perbedaan perolehan hasil belajar siswa ini disebabkan oleh rendahnya keberadaan fasilitas belajar dan rendahnya motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mngetahui pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 13 Muaro Jambi (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 13 Muaro Jambi (3) untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 13 Muaro Jambi baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi siswa kelas X SMAN 13 Muaro Jambi sebanyak 199 orang dan sampel yang dijadikan responden sebanyak 67 orang yang diambil secara acak dengan jumlah sampel diambil menggunakan rumus Slovin. Data yang dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan teknik diskriptif dan teknik analisis regresi berganda serta uji t dan uji F dengan bantuan SPSS for windows release 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas belajar termasuk dalam kategori tinggi, motivasi berprestasi termasuk dalam kategori sedang, sedangkan hasil belajar termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan analisis hasil uji t diperoleh t hitung = 3,479 yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi dengan sumbangan parsial sebesar 57,3% terhadap hasil belajar. Hasil uji t diperoleh t hitung = 3,763 yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi dengan sumbangan parsial sebesar 58,4% terhadap hasil belajar. Selanjutnya hasil analisis uji F diperoleh F hitung = 25,262 yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi dengan sumbangan simultan sebesar 47% terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar baik secara parsial maupun simultan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing (1) Dr. Drs. Hj. Muazza, M.Si, (2) Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Belajar, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ULIN NIKMAH |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 13:33 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 13:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14002 |
Actions (login required)
View Item |