Wahyuni S, Yuyun (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.
Text
halaman judul.pdf Download (261kB) |
|
Text
lembar pengesahan pengesahan.pdf Download (374kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (600kB) |
|
Text
bab 5.pdf Download (482kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (409kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Soal Cerita Matematika. Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematis siswa rendah. hal ini dapat dilihat siswa tersebut belum mampu memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis dengan baik dan masih kesulitan dalam menafsirkan/menyelesaikan soal cerita. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan tingkat kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian dilakukan pada SMA Negeri 4 Kota Jambi. Dalam penelitian ini tingkat kemampuan penalaran matematis yang diukur berdasarkan indikatornya yaitu, menyajikan pernyataan matematika secara tulisan dan gambar, melakukan manipulasi matematika, memeriksa kesahihan suatu argumen, dan menarik kesimpulan dari pernyataan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang siswa yang diambil dari kelas XI IPA 4, yaitu 4 siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis berkategori tinggi, 1 siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis berkategori sedang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis berkategori tinggi sudah dapat memenuhi seluruh indikator kemampuan penalaran matematis, dengan kriteria kemampuan penalaran matematika “baik” dalam meyelesaikam soal materi trogonometri. Siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis berkategori sedang tidak mampu memenuhi indikator memeriksa kesahihan suatu argument , dan menarik kesimpulan dari pernyataan. Dengan kriteria tingkat kemampuan penalaran matematika “cukup” dalam meyelesaikam soal materi trigonometri. siswa yang memiliki kemampuan penalaran tinggi dan sedang memiliki kemampuan penalaran matematis yang berbeda, memiliki kesulitan dalam memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis yang berbeda pula. Dalam hal ini siswa yang memiliki kemampuan penalaran baik dan cukup sama-sama memiliki kendala dalam memenuhi indikator ketiga dan keempat kemampuan penalaran matematis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Yuyun Wahyuni Sihite |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 13:34 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 13:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14005 |
Actions (login required)
View Item |