Kharis Suhudi, Muhammad (2020) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMKN 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (23kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (63kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (26kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (152kB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (21kB) |
Abstract
ABSTRAK Kharis Suhudi, Muhammad. 2020. Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Prakarya di SMKN 1 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Juruan PIPS Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (II) Iwan Putra, S.E., M.S.Ak Kata kunci: Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi, Bimbingan Belajar Keberhasilan pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Keberhasilan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga (orang tua), anggota masyarakat dan pemerintah. Prestasi belajar merupakan salah satu indikator yang dapat dipakai untuk mengetahui keberhasilan belajar. Dengan prestasi belajar yang baik diharapkan dapat menggambarkan kualitas pendidikan yang baik pula. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Prakarya kelas XI Jurusan Mutimedia di SMKN 1 Jambi, mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Prakarya kelas XI Jurusan Mutimedia di SMKN 1 Jambi, dan mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Prakarya kelas XI Jurusan Mutimedia di SMKN 1 Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Variabel penelitian ini adalah prestasi belajar Prakarya, status sosial ekonomi, dan bimbingan belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia di SMKN 1 Jambi tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 109 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) status sosial ekonomi tidak berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran Prakarya yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,063 lebih dari 0,05. (2) bimbingan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 kurang dari 0,05. (3) status sosial ekonomi dan bimbingan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Prakarya yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian di atas diharapkan Orang Tua siswa tidak cukup hanya dengan memenuhi kebutuhan materi saja, tetapi juga lebih meningkatkan perhatian kepada anak terutama dalam kegiatan belajar supaya prestasi belajar siswa meningkat. Siswa disarankan lebih meningkatkan intensitas belajarnya dengan mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah baik yang diselenggarakan oleh lembaga maupun privat. x
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing (I) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (II) Iwan Putra, S.E., M.S.Ak |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi, Bimbingan Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MUHAMMAD KHARIS SUHUDI |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 13:35 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 13:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14006 |
Actions (login required)
View Item |