munawa, siti (2020) Istilah Dalam Jual Beli Daring Kajian Leksikologi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
cover pdf.pdf Download (17kB) |
|
Text
LEMBARAN PENGESAHAN PDF.pdf Download (153kB) |
|
Text
DAFTAR ISI PDF.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB I PDF.pdf Download (219kB) |
|
Text
BAB V PDF.pdf Download (98kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengelompokan dan mendeskripsikan istilah-istilah yang ada dalam jual beli daring dengan menggunakan kajian leksikologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari media sosial, yaitu media Facebook, Instagram, WhatsApp. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik screenshot (tangkap layar) dan catat, serta untuk menganalisisnya berdasarkan kelas katanya, baik itu nomina, verba, adjektiva, dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan adanya berbabagai macam istilah yang digunakan baik itu antara pedagang maupun pembeli, istilah tersebut diantaranya; istilah dalam jual beli daring kosakata bahasa Indonesia 13 data, istilah dalam jual beli daring kosakata bahasa serumpun (Melayu) 4 data, istilah dalam jual beli daring kosakata bahasa asing 31 data. Selain 3 pengelompokkan di atas, setelah diteliti didapatkan pengelompokan lain dalam istilah jual beli daring, yaitu pengelompokan istilah dalam bentuk panggilan 5 data, pengelompokan istilah dalam bahasa gaul 10 data, dan pengelompokan istilah dengan bahasa campuran (Inggris Indonesia) 11 data. Kata Kunci : Leksikologi, Istilah, Media Sosial
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Sasra Indonesia |
Depositing User: | SITI MUNAWA |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 13:36 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 13:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14007 |
Actions (login required)
View Item |