ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KORELASINYA DENGAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI REDOKS DI SMAN 1 KOTA JAMBI

Malinda S., Sri (2020) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KORELASINYA DENGAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI REDOKS DI SMAN 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover.pdf

Download (127kB)
[img] Text
lembar pengesahan malinda.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Literasi Sains, dan Redoks Dalam kegiatan belajar mengajar dibutuhkan model pembelajaran yang mampu merangsang keaktifan dan kemampuan literasi sains siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kontekstual. Model pembelajaran kontekstual dapat diterapkan pada materi redoks untuk memberikan siswa pengalaman belajar langsung melalui percobaan yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran kontekstualdan korelasinya dengan kemampuan literasi sains siswa pada materi redoks di SMAN 1 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method). Pada tahapan penelitian campuran ini dipilih dari aspek waktu sequential timing, mendahulukan aspek kualitatif dan diikuti aspek kuantitatif yaitu jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan), dengan data kuantitatif lebih dominan dari data kualitatif. Keterlaksanaan model pembelajaran kontekstual oleh gurudan siswa telah terlaksana sesuai prinsip model pembelajaran kontekstual pada setiap pertemuannya. Korelasi keterlaksanaan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan literasi sains dikategorikan kuat dengan nilai 0.62. Dengan Koefisien determinasinya = r2 = 0.62. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual sebesar 60,59% terhadap kemampuan literasi sains siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran kontekstual pada materi redoks dengan kemampuan literasi sains siswa kelas X SMAN 1 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SRI MALINDA SUDRAJAT
Date Deposited: 28 Sep 2020 13:37
Last Modified: 28 Sep 2020 13:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item