Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama dengan Model Think Pair and Share pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 10 Kota Jambi

Riskiyana, Devi (2020) Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama dengan Model Think Pair and Share pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 10 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)

Abstract

ABSTRAK Riskiyana, Devi. 2020. Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama dengan Model Think Pair and Share Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 10 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Akhyaruddin, M.Hum., (II) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd. Kata kunci : Think Pair and Share, meningkatkan, hasil belajar, drama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Think Pair and Share dan meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama setelah model pembelajaran Think Pair and Share diterapkan di kelas VIII E SMP Negeri 10 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes, dalam bentuk observasi dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair and Share dalam proses pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama pada siklus I terdapat kendala, yaitu beberapa siswa tidak tertarik berdiskusi dengan pasangan kelompok yang telah ditetapkan guru. Sehingga menyebabkan siswa yang tidak aktif berdiskusi dalam kelompoknya dan suasana kelas menjadi kurang kondusif. Nilai rata-rata kemampuan siswa mencapai 62,4 dengan pencapaian persentase KKM sebesar 46%. Selanjutnya pada siklus II langkah-langkah penerapan model pembelajaran Think Pair and Share diperbaiki dengan meminta siswa memilih sendiri pasangan kelompoknya. Langkah ini terbukti berhasil meningkatkan nilai rata-rata kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama mencapai 73 dengan pencapaian persentase KKM sebesar 84,6% dari indikator pencapaian 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair and Share dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama siswa kelas VIII E SMP Negeri 10 Kota Jambi. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih bervariasi dalam menggunakan strategi pembelajaran yang tepat seperti menerapkan model dalam kegiatan pembelajaran. Siswa juga dilatih untuk bisa berdiskusi dengan baik dengan siswa lainnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: DEVI RISKIYANA
Date Deposited: 24 Sep 2020 03:47
Last Modified: 24 Sep 2020 03:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14035

Actions (login required)

View Item View Item