Mujiasih, Wahyu (2020) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN VIRTUAL LAB PADA MATERI KOLOID DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPA SMA ISLAM AL FALAH JAMBI. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka (1).pdf Download (156kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran dimana siswa cenderung pasif, rasa ingin tahu yang minim, cenderung menghapal sehingga kemampuan berpikir kreatifnya tidak berkembang dengan baik sesuai tuntutan kurikulum 2013. Maka dari itu peneliti mencoba menerapkan model Learning Cycle 5E berbantuan Virtual lab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model Learning Cycle 5E berbantuan Virtual lab pada materi Koloid dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMA Islam Al Falah Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan jenis pendekatan campuran (mix methode) jenis triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran oleh guru dan siswa, dan tes esai. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dilakukan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil pengolahan data keterlaksanaan model Learning Cycle 5E berbantuan virtual Lab oleh siswa diperoleh nilai rata-rata 52,86 %, sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,15%. Hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa korelasi antara keterlaksanaan model Learning Cycle 5E berbantuan Virtual lab dengan kemampuan berpikir Kreatif diperoleh nilai rxy 0,75 dengan kategori tingkat hubungan “kuat”. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model berjalan dengan baik dan terdapat korelasi antara keterlaksaan model Learning Cycle 5E Berbantuan Virtual Lab pada materi koloid dengan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas XI IPA 2 SMA Islam Al Falah Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | WAHYU MUJIASIH |
Date Deposited: | 24 Sep 2020 04:23 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 04:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |