PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS VIII SMP N 8 KOTA JAMBI

PURNAMA SARI, UTARI (2020) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS VIII SMP N 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (540kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar di Kelas VIII SMP N 8 Kota Jambi Nama : Utari Purnama Sari NIM : ERA1D012042 Pembimbing 1 : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Pembimbing 2 : Drs. Rasimin, M.Pd Remaja adalah individu yang sedang berada pada masa transisi antara masa anak-anak dan masa dewasa. Berbagai macam perubahan mulai dari aspek biologis, kognitif, sosial, hingga emosional terjadi di masa remaja. Sering kali remaja juga diartikan sebagai masa pencarian jati diri. Remaja berusaha untuk menemukan jati dirinya dengan kata lain individu mengalami krisis identitas. Remaja membutuhkan interaksi dengan orang lain dalam proses pencarian jati diri, yaitu teman sebaya, sekolah, orang tua maupun masyarakat. Pada kenyataannya untuk berinteraksi maka individu harus mempunyai keberanian atau rasa percaya diri untuk menjalin interaksi dengan orang lain. Masalah kepercayaan diri pada siswa dapat menimbulkan hambatan besar pada bidang kehidupan pribadi, sosial, belajar dan karirnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar di kelas VIII SMP N 8 Kota Jambi Dalam penelitian ini menggunakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menentukan jumlah sampel dilakukan dengan perhitungan intrapolasi, sesuai dengan hitungan intrapolasi pada populasi berjumlah 254 didapatkan sampel dengan jumlah 76 orang. Penarikan sampel 76 orang siswa menggunakan tehnik random sampling. Analisis yang digunakan untuk melihat pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar menggunakan tehnik analisis regresi linier sederhana dan pengolahan analisis regresi menggunakan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pengolahan data melalui bantuan program SPSS 22 dengan taraf signifikan 5% menunjukkan F hitung > F tabel atau 38,019 > 3,97 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, atau “terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar di kelas VIII SMP N 8 Kota Jambi. Nilai deteriminasi yang diperoleh menunujukkan angka 0,339 dengan tafsiran bahwa Kepercayaan Diri memiliki pengaruh sebesar 33,9% terhadap variabel hasil belajar. Dalam lingkungan sekolah, pihak sekolah terutama guru Bimbingan dan Konseling mempunyai peran dalam pengembangan diri siswa. Hasil pengolahan data kepercayaan diri yang telah dilaksanakn di SMP N 8 Kota Jambi dapat digunakan untuk kepercayaan diri yang ada di SMP N 8 Kota Jambi serta bagaimana keadaan kepercayaan diri siswa. Dengan begitu, guru bimbingan dan konseling serta pihak terkait dapat mengoptimalkan layanan dengan baik. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Hasil Belajar.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing 1 : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Pembimbing 2 : Drs. Rasimin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: UTARI PURNAMA SARI
Date Deposited: 07 Oct 2020 03:41
Last Modified: 07 Oct 2020 03:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14086

Actions (login required)

View Item View Item