ADIANI, KHOLISA (2020) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI KELAS VIII SMP N 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (20kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (112kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (266kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (186kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (93kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Pengaruh Konsep Diri terhadap Perilaku Sosial Siswa di Kelas VIII SMP N 8 Kota Jambi Nama : Kholisa Adiani NIM : ERA1D012005 Pembimbing 1 : Drs. Rasimin, M.Pd Pembimbing 2 : Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi., M.Pd Manusia sebagai makhluk sosial akan menampilkan perilaku-perilaku yang dapat mendukung hubungannya dengan orang-orang disekitar atau masyarakat. Perilaku sosial yang ditimbulkan seseorang tidak luput dari konsep diri yang telah terbentuk dari orang tersebut. Perilaku sosial adalah aktifitas fisik dan psikis seseorang terhadap orang lain atau sebaliknya dalam rangka memenuhi kebutuhan diri atau orang lain yang sesuai dengan tuntutan sosial. Perilaku sosial seseorang merupakan sifat relative untuk menanggapi orang lain dengan cara yang berbeda-beda. Konsep diri dalam penelitian ini merupakan keseluruhan persepsi atau cara pandang, perasaan, penilaian, pengharapan siswa tentang dirinya mengenai fisik, psikologis dan sikap. Analisis yang digunakan untuk melihat pengaruh konpsep diri terhadap perilaku sosial menggunakan tehnik analisis regresi, dengan jumlah sample sebanyak 76 siswa dan menggunakan tehnik randoms sampling. Hasil pengolahan data secara umum menunjukkan nilai thitung sebesar 10,252 lebih besar dibandingkan dengan ttabel (dk=74) yaitu 1,99254 pada taraf signifikan 5%, jadi thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho di tolak. Dengan kata lain menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha) untuk pengujian kedua variabel. Sementara itu, hasil akhir dari pengolahan angket yang diisi oleh 76 responden tersebut diperoleh nilai determinasi 0,587 (58,7%). Dari perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 58,7%. Dengan kata lain dapat diartikan bahwa 58,7% dari variabel perilaku sosial (Y) dipengaruhi oleh variabel konsep diri(X). Berdasarkan penelitian diharapkan kepada pihak sekolah untuk dapat berkolaborasi dengan teman sejawat dan segala sumber yang berhubungan dengan perkembangan siswa dalam memahami siswa dan membimbing siswa untuk berperilaku yang lebih baik juga terarah, baik disekolah maupun dirumah, sehingga dapat menciptakan konsep diri yang positif bagi anak yang kemudian dapat memunculkan perilaku sosial yang baik pula bagi anak. Kata Kunci: Konsep Diri, Perilaku Sosial
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing 1 : Drs. Rasimin, M.Pd Pembimbing 2 : Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri, Perilaku Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | KHOLISA ADIANI |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 13:38 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 13:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14089 |
Actions (login required)
View Item |