STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Herawati, Novia and Yantoro, Yantoro and Hayati, Suci (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
3.pdf

Download (154kB)
[img] Text
4.pdf

Download (261kB)
[img] Text
5.pdf

Download (147kB)
[img] Text
2.pdf

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang akan menghasilkan data deskriktif dengan jenis fenomonologi. Penelitian ini dilakukan di kelas VA SD Negeri 55/I Sridadi pada semester genap tahun 2019/2020. Responden penelitian adalah guru wali kelas VA. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa guru kelas menggunakan strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi pengelolaan dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Strategi pengorganisasian yang digunakan guru ialah menata studi isi dan mengatur posisi tempat duduk. Dalam strategi penyampaian guru menggunakan metode tanya jawab, metode diskusi, metode demonstrasi, metode latihan (drill), dan media pembelajaran. Strategi pengelolaan dengan mengatur jadwal pembelajaran dan memberikan motivasi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NOVIA HERAWATI
Date Deposited: 28 Sep 2020 13:39
Last Modified: 28 Sep 2020 13:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14112

Actions (login required)

View Item View Item