PENERAPAN BUDAYA TERTIB BERBASIS KARAKTER DISIPLIN DI SEKOLAH DASAR

Afriandini, Dea and Chan, Faizal and Noviyanti, Silvina (2020) PENERAPAN BUDAYA TERTIB BERBASIS KARAKTER DISIPLIN DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (261kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan budaya tertib berbasis karakter disiplin di sekolah dasar serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam penerapan budaya tertib berbasis karakter disiplin di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 55/1 Sridadi pada bulan Februari sampai bulan April 2020. Data Penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi sebagai data penunjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi, dan teknik analisis menggunakan teknik miles and huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan budaya tertib berbasis karakter disiplin di SD Negeri No. 55/1 Sridadi sudah baik, Guru sudah menerapkan indikator disiplin seperti kepatuhan terhadap waktu, kepatuhan menjalankan aturan, dan kepatuhan dalam berperilaku. Guru juga menerapkan budaya tertib berbasis karakter disiplin di sekolah dasar dengan memberi contoh secara langsung kepada peserta didik. Selain memberi contoh kepada peserta didik guru juga mengingatkan kembali kepada peserta didik pentingnya disiplin. Guru juga menempelkan slogan tentang pentingnya disiplin untuk diterapkan agar peserta didik bisa membaca dan mengingatnya. SD Negeri No. 55/1 Sridadi, meskipun sudah menerapkan budaya tertib berbasis karakter disiplin di sekolah dasar, masih terdapat kendala dalam penerapannya, dimana peserta didik harus sering diingatkan kembali tentang disiplin, pada saat guru melihat ada peserta didik yang tidak disiplin guru mengingatkan. Peserta didik paham apa yang guru katakan pada saat itu, namun untuk selanjutnya peserta didik lupa dan mengulangi lagi perbuatan tidak disiplin. Kendala lainya adalah perbedaan latar belakang keluarga dan lingkungan menjadi kendala dalam penerapan budaya tertib berbasis karakter disiplin.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Dea Afriandini
Date Deposited: 28 Sep 2020 13:40
Last Modified: 28 Sep 2020 13:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14117

Actions (login required)

View Item View Item