PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF E-MODUL DENGAN MATERI BADAN USAHA PADA KELAS XI DI SMA N 7 KOTA JAMBI

FITRI HANDAYANI, MELISA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF E-MODUL DENGAN MATERI BADAN USAHA PADA KELAS XI DI SMA N 7 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Handayani, Melisa Fitri. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif E Modul Dengan Materi Badan Usaha Pada Kelas XI Di SMA N 7 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA., M.Si., (II) Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media, Interaktif, E-Modul, Ekonomi, Materi Badan Usaha Studi kebutuhan awal menyatakan bahwa media pembelajaran yang sering digunakan pada pembelajaran ekonomi yaitu buku paket. Siswa juga menyatakan proses pembelajaran membosankan, kurang menyenangkan, sumber belajar terbatas dan kurang inovatif. E-Modul interaktif bermaksud agar peserta didik, dapat belajar secara mandiri, mudah memperoleh bahan ajar, bervariasinya media pembelajaran yang digunakan dan media pembelajaran dengan materi badan usaha bermanfaat ketika pelajar masuk dalam dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif dengan menggunakan perangkat komputer atau leptop dengan sub materi badan usaha pada kelas XI di SMA N 7 Kota Jambi dan mengetahui respon peserta didik kelas XI IPS terhadap media pembelajaran yang dikembangkan . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), menggunakan kerangka 4D yang disederhanakan menjadi 3D, terdiri 3 fase atau tahap, yaitu (a) Pendefinisian (define) (b) Perancangan (design) (c) Pengembangan (develop). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket Uji coba produk dilakukan di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan oleh validator materi, penilaian kelayakan oleh validator media dan penilaian kelayakan oleh penilaian guru. Tingkat penilaian oleh penilaian guru menggunakan angket mencapai 75% (baik/menarik). Serta Tanggapan penilaian respon siswa terhadap e-modul menggunakan angket mencapai 83% (kriteria baik). Rata-rata skor tiap butir tanggapan siswa maupun guru mencapai kriteria sangat mendukung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-modul yang telah dikembangkan pada sub materi badan usaha memiliki respon yang baik dari siswa. Sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA., M.Si., (II) Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Interaktif, E-Modul, Ekonomi, Materi Badan Usaha
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Depositing User: MELISA FITRI HANDAYANI
Date Deposited: 29 Sep 2020 06:18
Last Modified: 29 Sep 2020 06:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14155

Actions (login required)

View Item View Item