PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 13 MUARO JAMBI

NASTITI, MURNI (2020) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 13 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (92kB)

Abstract

Nastiti, Murni. 2020. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 13 Muaro Jambi. Pembimbing Skripsi (I) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd, Pembimbing Skripsi (II) Fachruddiansyah Muslim, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Kemampuan Berpikir Kritis, hasil belajar. Hasil belajar merupakan tolak ukur yang utama untuk mengetahui keberhasilan belajar seseorang. Seorang yang hasil belajarnya tinggi dapat dikatakan bahwa ia telah berhasil dalam belajar. Hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 13 Muaro Jambi belum mencapai tingkat keberhasilan yang diinginkan, keberhasilan siswa dalam belajar banyak dipengaruhi faktor eksternal dan internal. Salah satunya yaitu lingkungan sekolah dan kemampuan berpikir kritis yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 13 Muaro Jambi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan tergolong pada penelitian Ex-Post Facto. Responden dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Data variabel lingkungan sekolah (XI) dan kemampuan berpikir kritis (X2) dikumpulkan melalui angket dan disusun berdasarkan indikator variabel. Untuk variabel hasil belajar diambil dari nilai ulangan harian ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 13 Muaro Jambi tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 25.0. diperoleh thitung variabel X1=2,854 dan X2=4,646 sedangkan ttabel=2,000 jadi thitung>ttabel. Dalam pnelitian ini menggunakan tingkat signifikansi 0,05, maka signifikansi X1=0,02 dan X2=0,01 menunjukkan lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel lingkungan sekolah (X1), kemampuan berpikir kritis (X2) terhadap hasil belajar (Y) dapat diterima. Untuk menjawab hipotesis ketiga, dilakukan pengujian secara bersama-sama yakni pengaruh lingkungan sekolah (X1) dan kemampuan berpikir kritis (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) terdapat pengaruh yang signifikan dengan nilai Fhitung = 47,286 > Ftabel = 3,15) dan Rsquare sebesar 0,624 atau 62,4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 13 Muaro Jambi. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada siswa agar dapat menjaga lingkungan sekolah agar kondusif dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis karena kedua variabel ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: MURNI NASTITI
Date Deposited: 29 Sep 2020 09:15
Last Modified: 29 Sep 2020 09:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14157

Actions (login required)

View Item View Item