PENGARUH PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS VII SMP NEGERI SATU ATAP TELUK

DELVIA, MELAN (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS VII SMP NEGERI SATU ATAP TELUK. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Delvia, Melan. 2020. Pengaruh Penggunaan Metode Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Menyimak Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Teluk: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Aripudin, M. Hum., (II) Drs. Eddy Pahar Harahap M. Pd., Kata kunci: Pengaruh, menyimak dongeng, eksperiemen, metode cooperative script. . Metode penelitian eksperimen digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang dikendalikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode cooperative script, sampel penelitian iniadalah siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Teluk yang berjumlah 48 siswa, terdiri dari 24 siswa kelas Kontrol dan 24 siswa kelas eksperimen. Data penelitian ini adalah pengaruh hasil belajar siswa dalam menyimak dongeng pada kelas control dan kelas eksperimen menggunakan metode yang berbeda. Hasil penelitian menyimak dongeng siswa kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Nilai rata-ratanya 80,62 dan hasil belajar menyimak dongeng siswa kelas eksperimen menggunakan metode cooperative script nilai rata-ratanya 86,25. Data penelitian dianalisis menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui jawaban atas hipotesis yang diajukan. Berdasarkan haail penelitian dan perhitungan data dan menggunaka uji-t dengan taraf signifikan 5% hasilnya menunjukan, nilai t-hitung 18,76 lebih besar dari t-tabel 4,138. Hipotesis H1diterima jika t-hitung lebih besar dari t-tabel, karena membuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menyimak dongeng kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kesimpulan dari penelitian adalah metodecooperative script memberikan pengaruh positif yang menyakinkan dalam pembelajaran menyimak dongeng menggunakan metode ceramah. Hasil penelitian ini tepat digunakan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk menerapkan metodecooperative script dalam pembelajaran menyimak dongeng siswa kelas VII SMP N Satu Atap Teluk.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: (I) Drs. Aripudin, M. Hum., (II) Drs. Eddy Pahar Harahap M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, menyimak dongeng, eksperiemen, metode cooperative script.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MELAN DELVIA
Date Deposited: 29 Sep 2020 08:34
Last Modified: 29 Sep 2020 08:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14158

Actions (login required)

View Item View Item