ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATERI HIDROKARBON DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI

Hutagalung, Olyvia and epinur, epinur and Bakar, Abu (2020) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATERI HIDROKARBON DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
00. Halaman Sampul.pdf

Download (97kB)
[img] Text
halaman pengesahan cap dekan.pdf

Download (263kB)
[img] Text
07. Daftar Isi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (6kB)

Abstract

Student Facilitator and Explaining (SFE) adalah model pembelajaran dimana guru mampu menyajikaN materi di depan siswa lalu memberikan mereka kesempatan untuk menjelaskan kepada teman-temannya Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Dan online learning merupakan suatu sistem yang dapat memfasilitasi siswa belajar lebih luas dimana siswa dapat belajar kapan dan dimana saja tanpa terbatas oleh jarak, ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas XI IPA SMA Negeri 11 Muaro Jambi Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Hubungan keterlaksanaan model Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan hasil belajar siswa dicari dengan korelasi product moment dan koefisien determinasi. Keterlaksanaan model Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan hasil belajar siswa dikategorikan sedang dengan rxy = 0,56. Dengan koefisien determinasinya 31% dengan kategori rendah. Hal ini berarti terdapat hubungan keterlaksanaan model Student Facilitator and Explaining (SFE) sebesar 31% terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran pada materi hidrokarbon yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terlaksana dengan baik dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa XI IPA SMA Negeri 11 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: OLYVIA HUTAGALUNG
Date Deposited: 01 Oct 2020 09:44
Last Modified: 01 Oct 2020 09:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14166

Actions (login required)

View Item View Item