Pengembangan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk Meningkatkan Psikomotor Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi

Norma, Siti and Dewi, Fatria and Afrida, Afrida (2020) Pengembangan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk Meningkatkan Psikomotor Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
hal judul.pdf

Download (105kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB I fix.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (91kB)

Abstract

Metode inkuiri terbimbing sering disebut “metode ilmiah” (scientific method) karena langkah-langkah yang digunakan adalah langkah ilmiah yang dimulai dari: merumuskan masalah, membuat hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan untuk memperoleh informasi, mengumpulkan dan menganalisis data kemudia menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik elektronik (e-LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam di SMAN 10 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni sepuluh orang siswa kelas XI MIPA 3 di SMAN 10 Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran yang dibuat menggunakan program 3D Pageflip Professional. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dan dilakukan revisi produk berdasarkan saran-saran ahli serta dinyatakan layak diujicobakan. Sebelum diujicobakan ke siswa, produk media diperlihatkan terlebih dahulu kepada guru, kemudian baru diujicobakan. Hasil respon siswa SMAN 10 Kota Jambi pada uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada 10 orang siswa di kelas XI MIPA 3, yaitu 86,27% (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi media maupun materi hingga hasil uji coba kelompok kecil, secara keseluruhan disimpulkan bahwa produk media pembelajaran ini sangat baik untuk digunakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: SITI NORMA
Date Deposited: 01 Oct 2020 09:44
Last Modified: 01 Oct 2020 09:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14167

Actions (login required)

View Item View Item