PENGEMBANGAN KOMIK KIMIA KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK TAHAPAN PERKEMBANGAN KOGNITIF OPERASIONAL KONKRET

YUZEN, TIARA ULANA IKA (2020) PENGEMBANGAN KOMIK KIMIA KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK TAHAPAN PERKEMBANGAN KOGNITIF OPERASIONAL KONKRET. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK Ulana, Tiara. 2020. Pengembangan Komik Kimia Kehidupan Sehari – Hari Untuk Tahapan Kognitif Operasional Kongkret. Skripsi, Prodi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc, (II) Dr. Drs. Harizon, M.Si. Kata kunci : Komik Kimia, media pembelajaran, Kimia Kehidupan Sehari – Hari Kehadiran media pembelajaran sangatlah penting dalam pembelajaran. Salah satu media pembelajaran adalah komik. Dimana media komik merupakan upaya dalam menambah ketertarikan anak dalam mempelajari tentang kimia terlebih kimia pada kehidupan sehari – hari untuk kognitif operasional konkret. Materi yang digunakan dalam komik adalah materi kimika kehidupan sehari – hari untuk tahapan perkembangan kognitif operasional konkret. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan respon terhadap media komik kehidupan sehari - hari. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), menggunakan kerangka ADDIE terdiri dari lima fase atau tahap yaitu (a) Analysis (b) Design (c) Development (d) Implementation (e) Evaluation. Kelima tahap kerangka ADDIE ini dilakukan secara sistematik dan sistemik. Uji coba produk dilakukan dengan memberi angket pada responden yang pernah mengenyam pendidikan di universitas Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan oleh pakar materi setelah dua kali validasi, penilaian kelayakan oleh pakar media setelah tiga kali validasi. Tingkat keberterimaan virtual lab oleh responden dengan menggunakan angket responden mencapai 85.93% (kriteria baik). Rata-rata skor tiap butir tanggapan responden mencapai kriteria sangat mendukung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik yang telah dikembangkan pada materi kehidupan sehari – hari memiliki respon yang sangat baik dari responden.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc, (II) Dr. Drs. Harizon, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Komik Kimia, media pembelajaran, Kimia Kehidupan Sehari – Hari
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: TIARA ULANA IKA YUZEN
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:51
Last Modified: 05 Oct 2020 03:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14178

Actions (login required)

View Item View Item