Mengidentifikasi Nilai Pendidikan Karakter pada Biografi dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X Kurikulum 2013.

Rosmawati, Via (2020) Mengidentifikasi Nilai Pendidikan Karakter pada Biografi dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X Kurikulum 2013. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Hal Sampul.pdf

Download (127kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (447kB)
[img] Text
Daftar isi (1).pdf

Download (450kB)
[img] Text
Bab 1 (1).pdf

Download (625kB)
[img] Text
Bab 5 (1).pdf

Download (499kB)

Abstract

ABSTRAK Rosmawati, Via. 2020. Mengidentifikasi Nilai Pendidikan Karakter pada Biografi dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X Kurikulum 2013: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Albertus Sinaga, M.Pd., (II) Drs. Aripudin,M.Hum. Kata Kunci: nilai pendidikan karakter, biografi, buku teks. Masalah dalam penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter apa sajakah yang terdapat pada biografi dalam buku teks bahasa Indonesia SMA kelas X kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter pada biografi dalam buku teks bahasa Indonesia SMA Kelas X Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif, yang menganalisis dokumen (kajian isi). Dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif karena nilai pendidikan karakter pada biografi dalam buku teks SMA kelas X kurikulum 2013 yang dianalis dalam penelitian ini, akan dideskripsikan berdasarkan yang sebenarnya terjadi di lapangan dalam bentuk deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah biografi yang terdapat dalam buku teks, yaitu biografi yang berjudul (1) B.J. Habbie, (2) George Saa, (3) Ardian Syaf. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks siswa bahasa Indonesia SMA Kelas X Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Hasil dari penelitian ini adalah dari ketiga biografi dalam buku teks bahasa Indonesia SMA kelas X kurikulum 2013 terdapat lima belas nilai pendidikan karakter, yaitu nilai pendidikan karakter gemar membaca, nilai pendidikan karakter menghargai prestasi, nilai pendidikan karakter semangat kebangsaan, nilai pendidikan karakter toleransi, nilai pendidikan karakter disiplin, nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif, nilai pendidikan karakter kerja keras, nilai pendidikan karakter kreatif, nilai pendidikan karakter mandiri dan nilai pendidikan karakter peduli lingkungan, nilai pendidikan karakter jujur, nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu, nilai pendidikan karakter tanggung jawab, nilai pendidikan karakter peduli sosial, dan nilai pendidikan karakter cinta tanah air.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: VIA ROSMAWATI
Date Deposited: 09 Oct 2020 01:56
Last Modified: 09 Oct 2020 01:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14218

Actions (login required)

View Item View Item