StudiPerbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Talk Write dan Model Pembelajaran Group Investigation di Kelas VII SMP

Hariati, Maryetta Evi StudiPerbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Talk Write dan Model Pembelajaran Group Investigation di Kelas VII SMP. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
A1C211020-ARTIKEL.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Hal ini dikarenakan kebanyakan siswa masih bergantung pada contoh yang di-berikan guru. Pada pembelajaran ini suasana kelas cenderung teacher centered sehingga siswa menjadi pasif. Dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write dan model pembelajaran Group Investigation dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pem-belajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi yang mengikuti proses pembelajar-an dengan model pembelajaran Think Talk Write dan model pembelajaran Group Investiga-tion. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMP N 22 Kota Jambi di kelas VII pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diteliti sebanyak 96 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen I, 32 siswa kelas eks-perimen II, dan 32 siswa kelas kontrol. Instrumen berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 15 soal. Instrumen diuji dengan uji validitas, tingkat kesukaran, daya beda soal, dan reliabi-litas. Uji hipotesis menggunakan uji t, dari hasil pengolahan data diperoleh t_hitung>t_((0.95)(62)) yaitu 1,68>1,67 sehingga Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan model pembe-lajaran Think Talk Write lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang meng-ikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation. Dengan rata-rata hasil belajar dan simpangan baku masing-masing kelas yaitu 79,17 dan 12,87 serta 74,41 dan 18,19. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Think Talk Write lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti proses pem-belajaran dengan model pembelajaran Group Investigation. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Think Talk Write, Model Pembelajaran Group Investigation.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MARYETTA EVI HARIATI
Date Deposited: 19 Jul 2017 04:32
Last Modified: 19 Jul 2017 04:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item