PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK EKONOMI MATERI PASAR DALAM PEREKONOMIAN PADA KELAS X ILMU-ILMU SOSIAL (IIS) 2 DI SMA NEGERI 5 BATANG HARI

IKA WULAN SARI, TRI (2020) PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK EKONOMI MATERI PASAR DALAM PEREKONOMIAN PADA KELAS X ILMU-ILMU SOSIAL (IIS) 2 DI SMA NEGERI 5 BATANG HARI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (360kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran/media tertentu penerima pesan. Pesan, sumber pesan, saluran/media dan penerima pesan adalah komponen-komponen proses komunikasi. Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi ajaran atau didikan yang ada dalam kurikulum. Sumber belajar bisa guru, siswa, orang lain ataupun penulis buku dan produser media. Salurannya adalah media pendidikan dan penerima pesannya adalah siswa atau juga guru. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Menimbulkan media pembelajaran pop-up book yang menarik dalam pembelajaran ekonomi di kelas X IIS 2 SMA Negeri 5 Batang Hari, (2) Untuk memgetahui kelayakan media pop-up book ekonomi yang digunakan dalam pembelajaran ekonomi di kelas X IIS 2 SMA Negeri 5 Batang Hari berdasarkan ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran (guru), (3) Mengetahui tingkat kemenarikan media pop-up book ekonomi di kelas X IIS 2 dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Batang Hari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2020, dengan subjek penelitian siswa kelas X IIS 2 di SMA Negeri 5 Batang Hari. Penelitian ini menggunakan instrumen angket penilaian ahli media, angket penilaian ahli materi dan angket respon guru. Media pembelajaran Pop-Up Book materi pasar dalam perekonomian untuk siswa SMA Negeri 5 Batang Hari kelas X yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan yang secara berturut-turut mendapatkan skor 3,4; 4,00; dan 3,47; berdasarkan validasi ahli materi dan media dengan kategori “baik”. Secara empiris, tingkat kelayakan media pembelajaran Pop-Up Book materi pasar dalam perekonomian untuk siswa SMA Negeri 5 Batang Hari kelas X yang dikembangkan telah terpenuhi berdasarkan angket kemenarikan dengan skor 3,8 pada uji coba perorangan (terbatas) termasuk dalam kategori “baik” dan skor 4,2 pada uji coba lapangan (luas) termasuk dalam kategori “baik”. Jadi kesimpulannya media pembelajaran pop-up book layak digunakan dan menarik. Produk media pembelajaran Pop-Up Book materi pasar dalam perekonomian sebaiknya digunakan dengan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa, perlu dilakukan penyesuaian dengan kemampuan yang telah dicapai siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: TRI IKA WULAN SARI
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:29
Last Modified: 15 Oct 2020 02:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14330

Actions (login required)

View Item View Item