Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kota Jambi

Sitanggang, Iin Ayu Putri (2020) Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (162kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (148kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (462kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (147kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada materi hidrolisis garam dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMAN 8 Kota Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar instrumen keterlaksanaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) baik dari guru maupun siswa dan soal tes esai kemampuan berpikir kreatif siswa. Pengujian hipotesis dilakukan uji korelasi product moment. Keterlaksanaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) oleh siswa adalah 69,80% pada ranah afektif dan 65,77% pada ranah psikomotor dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kreatif siswa adalah 70,22%. Korelasi keterlaksanaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh rxy = 0,69 pada ranah afektif dan rxy = 0,66 pada ranah psikomotor dengan tingkat hubungan kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berjalan dengan baik dan terdapat korelasi keterlaksanaan model Creative Problem Solving (CPS) dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hidrolisis garam di kelas XI IPA SMAN 8 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: IIN AYU PUTRI SITANGGANG
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:11
Last Modified: 15 Oct 2020 04:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14339

Actions (login required)

View Item View Item