STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MENERAPKAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF PADA MATERI LIMIT FUNGSI SISWA KELAS XI SMA N 1 KOTA JAMBI

SIAGIAN, DEDI SAPUTRA STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MENERAPKAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF PADA MATERI LIMIT FUNGSI SISWA KELAS XI SMA N 1 KOTA JAMBI. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)

[img]
Preview
Other (JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA)
ARTIKEL ILMIAH DEDI.PDF

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh rasa keingintahuan peneliti mengenai penggunaan model discovery learning dan model direct instruction dengan menerapkan strategi konflik kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa model discovery learning dibanding direct instruction dengan menerapkan strategi konflik kognitif. Penelitian menggunakan penelitian eksperimen, dilaksanakan di SMAN 1 Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diteliti terdiri 39 siswa kelas eksperimen dan 39 siswa kelas kontrol. Hipotesis penelitian ini menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,19>1,66. Dengan demikian hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar matematika dan masing-masing kelas eksperimen dan kontrol adalah 82,38 dan 69,85. Penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan model discovery learning lebih baik daripada model direct instruction dengan menerapkan strategi konflik kognitif materi Limit Fungsi di kelas XI MIPA SMA N 1 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: DEDI SAPUTRA SIAGIAN
Date Deposited: 19 Jul 2017 04:33
Last Modified: 19 Jul 2017 04:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1435

Actions (login required)

View Item View Item