Maryani, Agustina (2020) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Sampul.pdf Download (99kB) |
|
Text
Hal Pengesahan.pdf Download (848kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (361kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (203kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi di SMP Negeri30 Muaro Jambi adalah Siswa menganggap mata pelajaran IPA itu sulit, Sikap siswa yang negatif terhadap mata pelajaran IPA, Kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penulis lebih mendalami masalah kurangnya motivasi belajar. Kurangnya motivasi belajar ini disebabkan banyak faktor antara lain dari faktor cita-cita, kondisi jasmani dan rohani, kemampuan belajar, guru, teman sebaya, kehidupan masyarakat, dan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadapmotivasi belajar.Dan manfaat dari penelitian ini adalah dapat mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA sehingga dapat mengevaluasi meningkatkan motivasi belajar siswa selama pembelajaran IPA dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif dan jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif dengan metode regresi. sampel penelitian ini diambil dari seluruh siswa kelas VII ,VIIIdan IX diSMP Negeri 30 muaro jambiyang berjumlah 103siswa. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket yang berisi butir pernyataan. Lalu kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan aplikasi SPSS 17. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa lingkungan sekolah terhadapmotivasi belajar siswa adalah 0,891. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar. kesimpulannya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi siswa ini mengandung arti bahwa peningkatan kualitas lingkungan sekolan akan berakibat pada meningkatnya motivasi belajar.Disarankan dilaksanakan oleh sekolah Berdasarkan hasil penelitian ini maka hendaklah pihak sekolah terus meningkatkan kualitas lingkungan sekolah agar motivasi siswa semakin meningkat untuk belajar. Didalam penelitian ini Penulis hanya menggunakan dua variabel maka diharapkan dimasa yang akan datang untuk penelitian selanjutnya menggunakan tiga variabel dengan dua variabel predator untuk variabel motivasi belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Agustina Maryani |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 01:38 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 01:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14414 |
Actions (login required)
View Item |