Pengembangan E-Modul Berbasis Edmodo Pada Materi Deret Tak Hingga & Deret Pangkat Mata Kuliah Fisika Matematika I

RAMADANI, RAMADANI (2020) Pengembangan E-Modul Berbasis Edmodo Pada Materi Deret Tak Hingga & Deret Pangkat Mata Kuliah Fisika Matematika I. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
2. Sampul.pdf

Download (22kB)
[img] Text
5. Halaman Pengesahan Fix.pdf

Download (896kB)
[img] Text
10. Daftar Isi.pdf

Download (183kB)
[img] Text
14. BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang sudah semakin maju sehingga menuntut media pembelajaran yang lebih variatif dan inovatif. Sedikitnya media pembelajaran Fisika Matematika I yang dituangkan dalam format elektronik, membuat pengembangan e-modul berbasis edmodo akan sangat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran mandiri. Proses pembelajaran mandiri berguna untuk memahami konsep serta melatih peserta didik dalam memecahkan soal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tahapan pengembangan e-modul berbasis edmodo pada materi deret tak hingga dan deret pangkat, (2) menghasilkan media pembelajaran berupa e-modul pada materi deret tak hingga dan deret pangkat mata kuliah Fisika Matematika I, dan (3) mengetahui persepsi mahasiswa terhadap e-modul yang telah dikembangkan. E-modul yang ditautkan dalam platform edmodo memiliki beberapa manfaat yaitu, media pembelajaran menjadi lebih menarik, lebih interaktif, dan proses belajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap analysis (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implement (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Tapi dalam penelitian kali ini tahapan implementasi tidak dilakukan karena sudah memenuhi tujuan penelitian. Dalam proses pengembangannya, penelitian ini melibatkan tim ahli media dan tim ahli materi sebagai validator terhadap produk. Setelah tahap validasi selesai kemudian diujicobakan untuk mengetahui persepsi mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah e-modul berbasis edmodo pada materi deret tak hingga dan deret pangkat mata kuliah Fisika Matematika I. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dan dilakukan revisi produk berdasarkan saran-saran ahli serta dinyatakan layak diuji cobakan. Hasil persepsi mahasiswa yang telah mengotrak mata kuliah Fisika Matematika I diperoleh skor 47,09 untuk aspek media dengan kategori amat baik. Sedangkan untuk aspek materi diperoleh skor 20,03 dengan kategori amat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran pendukung pada materi deret tak hingga dan deret pangkat mata kuliah Fisika Matematika I.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: RAMADANI
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:49
Last Modified: 20 Oct 2020 03:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14424

Actions (login required)

View Item View Item